Dalam dunia marketplace, beriklan bukan lagi pilihan, tapi keharusan—terutama jika ingin produkmu tampil di depan mata calon pembeli. Namun, setiap marketplace memiliki sistem dan fitur iklan yang berbeda-beda.

Di artikel ini, kita akan membandingkan Shopee Ads, Tokopedia Ads, dan Lazada Sponsored Discovery secara objektif, agar kamu bisa memilih strategi iklan yang paling cocok untuk tokomu.

1. Shopee Ads

Shopee Ads terbagi menjadi tiga jenis utama:

Kelebihan Shopee Ads: 

Kekurangan: 

Cocok untuk: Seller yang fokus pada produk dengan pencarian tinggi dan ingin menjangkau pengguna aktif Shopee yang cenderung impulsif.

2. Tokopedia Ads (TopAds)

TopAds juga menawarkan beberapa pilihan placement:

Kelebihan TopAds: 

Kekurangan: 

Cocok untuk: Brand atau toko yang sudah memiliki reputasi baik dan ingin mempertahankan posisi di hasil pencarian atas secara konsisten.

3. Lazada Sponsored Discovery

Lazada menggunakan sistem iklan berbasis CPC (Cost per Click) yang bisa menampilkan produk di:

Kelebihan Sponsored Discovery: 

Kekurangan:

Cocok untuk: Brand dengan budget besar atau seller yang ingin menggarap segmen pasar lebih luas di Lazada.

Rangkuman Perbandingan

Fitur Shopee Ads Tokopedia Ads (TopAds) Lazada Sponsored Discovery
Jenis Iklan Produk, Toko, Keyword Pencarian, Kategori Search, Product Detail Page
Targeting Manual & Otomatis Keyword Suggestion AI-Based & Demografi
Kemudahan Setup Mudah Cukup Mudah Cukup Kompleks
Cocok untuk UMKM & pemula Toko dengan reputasi Brand/iklan berskala besar
Minimum Budget Fleksibel Fleksibel Cenderung lebih tinggi

Butuh Bantuan Menjalankan Iklan Marketplace?

Jangan buang waktu dan budget untuk trial-error yang tidak jelas arahnya. Tim Grow Bareng siap bantu kamu menyusun dan menjalankan strategi iklan marketplace yang tepat sasaran dan terukur!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *