Banyak seller di marketplace yang rajin upload produk dan pasang iklan, tapi masih bingung kenapa penjualannya stagnan. Padahal salah satu kunci keberhasilan dalam digital marketing adalah kemampuan menganalisis data penjualan dan mengubahnya menjadi strategi yang lebih tajam dan efisien.

Yuk, kenali kenapa analisis data penjualan di marketplace itu sangat penting dan bagaimana cara memanfaatkannya untuk menyusun strategi digital marketing yang tepat sasaran.

1. Memahami Perilaku Konsumen

Data penjualan bisa memberimu insight soal:

Dari sini kamu bisa mulai menyusun strategi promo, stok, hingga konten yang lebih sesuai dengan kebiasaan target pasar.

2. Mengidentifikasi Produk Unggulan vs Produk Lemah

Dengan melihat performa tiap produk (jumlah klik, rasio konversi, hingga ulasan), kamu bisa:

Jangan buang budget iklan untuk produk yang tidak memberikan konversi.

3. Menyusun Anggaran Iklan yang Lebih Efektif

Data penjualan bisa menunjukkan:

Dengan analisis ini, kamu bisa menekan cost per conversion dan meningkatkan efisiensi anggaran marketing.

4. Menentukan Strategi Diskon dan Promo yang Relevan

Berdasarkan data pembelian, kamu bisa menentukan:

Dengan begitu, promo kamu tidak asal tempel, tapi benar-benar menghasilkan dampak pada penjualan.

5. Monitoring Kesehatan Toko Secara Menyeluruh

Beberapa indikator penting dari dashboard marketplace seperti:

semuanya bisa memberi sinyal kesehatan tokomu. Apakah user puas? Apakah kamu butuh perbaikan di customer journey? Semua bisa terlihat dari data.

Sudah Waktunya Menjual dengan Data, Bukan Tebakan

Kalau kamu selama ini masih mengandalkan insting tanpa dukungan data, bisa jadi kamu kehilangan banyak peluang emas. Tim Grow Bareng siap bantu kamu menganalisis data penjualan marketplace dan menyusunnya menjadi strategi digital marketing yang lebih terarah, efisien, dan berdampak langsung pada omzet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *